Monday, December 17, 2007

SATUAN UKURAN yang sering digunakan dalam resep

SATUAN UKURAN

satuan ukuran yg sering digunakan dlm resep.

cup
sdm = sendok makan
sdt = sendok teh

kg = kilogram
gr = gram
ons atau ounces
pon atau pounds

quart
pints
cc
ml = mililiter
ltr = liter, litre
galon

sejumput
ruas
siung
bh = buah
lbr = lembar
btg = batang
bks = bungkus
btr = butir

Pengukuran dgn menggunakan cup atau sendok, standartnya dalam keadaan peres (tidak munjung).

Secara umum, satuan ukuran dpt dikonversi sbb :

1 cup = 16 sdm
1 sdm = 15 gram
1 cup = 250 cc = 250 ml

Ukuran Amerika :
1 pound = 16 ounces = 454 gram
1 once = 28 gram
1 kg = 2,2 pounds
1 quart = 2 pints = 960 ml
1 pints = 2 cups = 480 ml
1 galon = 4 quarts = 3,8 ltr

Contoh bahan makanan yg diukur berdasarkan satuannya :


Tepung terigu 1 cup = 140 gram = 15 sdm
Gula pasir 1 cup = 225 gram = 17 sdm
Gula halus 1 cup = 160 gram
Gula palem 1 cup = 140 gram
Maizena 1 cup = 125 gram
Sagu/kanji 1 cup = 125 gram
Tepung beras 1 cup = 110 gram
Tepung roti 1 cup = 115 gram = 17 sdm
Almond bubuk 1 cup = 170 gram = 17 sdm
Kismis 1 cup = 190 gram = 12 sdm
Kenari cincang 1 cup = 150 gram = 10 sdm
Mete cincang 1 cup = 160 gram
Havermout 1 cup = 90 gram
Mentega/Margarine 1 cup = 200 gram
Minyak goreng 1 cup = 220 gram
Coklat bubuk 1 cup =112 gram


1 sdm garam = 10 gram
1 sdm gula pasir = 12 gram
1 sdm mentega/margarine = 12 gram
1 sdm terigu = 8 gram
1 sdm maizena = 8 gram
1 sdm coklat bubuk = 7 gram
1 sdm air = 15 gram
1 sdt Baking Powder = 4 gram


TELUR
Ukuran normal telur adalah 1 kg = 16 btr telur
Berat 1 btr telur ukuran normal = 62,5 gram
Berat rata2 1 kuning telur = 16 gram
Berat rata2 1 putih telur = 46,5 gram


5 comments:

Anonymous said...

haii
gue suka banget ama blog ini
awalnya gue tuh gak tau apa2 ttg masak memasak trus tiba2 liat resep kok banyak yang menarik tapi banyak istilah yang gue gak tau tuh..akhirnya nemuin blog ini, gue banyak belajar dari artikel2 yang ada
thanks yaaa

SB said...

hallo...salam kenal!
Aku Dias. Aku baru aja nemu blog ini pas nyari2 konversi satuan ukuran cup ke satuan yg biasa kita pake.Dan isinya ternyata...amazing!!! Banyak ilmunya! Aku izin untuk copy-paste ya,mbak.Insya Allah akan sangat bermanfaat.Semoga banyak dapat berkah deh! :)
Btw,aku juga dah lihat 2 blog mbak yg lain, dan ternyata sama okenya tuh!Thanks ya...

ria-chocoloveid said...

Salam kenal juga...
makasih juga udah transit di blog ini... semoga bermanfaat ya.
Insya Allah akan diupdate terus.

Anonymous said...

alow tante bahas ttg konversion tablena kok cuma dikit,tambahin yaw.
tante top deh blognya

ria-chocoloveid said...

makasih yaa..

Insya Allah kalo nanti ada waktu akan diupdate lagi yah.